Peut-ĂȘtre nous n'avons pas besoin d'amour. Peut-ĂȘtre c'est une aide que nous avons vraiment besoin (Maybe we don't need love after all. Maybe help it what we really need)

The Owner's Bio

My photo
Seminyak, Bali, Indonesia
Life is merely a journey to the grave, but to make the journey become a beautiful parade or a dark mourning ceremony is all in your hand.

About The Blog

nothing special. just a compilation of my feelings. feel free to read or use if it is not my own work (like song lyrics). stealing my own work will not give you any lawsuit, but please respect the owner by not taking any part of the content that is made by me without my acknowledgment and without putting my name on it. :]

July 21, 2008

struktur kompleks dunia

dunia adalah suatu struktur kompleks yang melibatkan berbagai sudut di dalamnya...
sudut yang dimaksud di sini adalah berbagai aspek kehidupan manusia, seperti cinta, uang, kekuasaan, religi, dan lainnya.

tiap2 manusia selalu memiliki tujuan hidupnya sendiri, yang tanpa mereka sadari mengekori salah satu dari aspek tersebut dan biasanya menjadikannya sebagai inti dari kegiatan kehidupannya. contohnya seseorang yang terus-menerus mengikuti berbagai kejuaraan karena tujuan hidupnya adalah prestasi, atau orang yang terus-menerus mencari cinta sejatinya karena tujuan hidupnya adalah cinta.

namun perlu disadari, bahwa ketika seseorang sudah memilih tujuan itu, mereka cenderung juga menilai dunia dengan sudut pandang subyektif mereka, seperti dunia itu hampa tanpa cinta atau seseorang itu tak berguna bila dia tidak berprestasi.

bahkan pada suatu fase, mereka yang telah menganggap sesuatu sebagai tujuan hidup mereka tidak dapat bangkit dari keterpurukan karena mereka gagal mencapainya.

di sinilah sebenarnya pandangan itu harus dirubah. dunia itu ga satu dimensi saja, tapi multi-dimensi. dunia ini tidak hanya terdiri dari cinta saja, atau terbentuk dari penghargaan dan prestasi. dunia ini kompleks. ada cinta, penghargaan, persahabatan, ilmu, kekayaan, dan lain sebagainya.

dengan menyadari bahwa dunia ini begitu kompleks, kita seharusnya tidak semudah itu hancur karena sesuatu hal (contohnya bunuh diri karena cinta), namun coba liat dari sudut pandang yang lain.
selama ini aku memandang dunia dari satu sudut pandang dan cenderung tenggelam dalam sudut pandang tersebut, bahkan sampai begitu terpuruk sat gagal mencapai apa tujuan hidupku itu...
dan saat aku sadar bahwa dunia ini begitu kompleks,

rasanya aku malu pada diriku sendiri...

No comments:

Post a Comment