Peut-ĂȘtre nous n'avons pas besoin d'amour. Peut-ĂȘtre c'est une aide que nous avons vraiment besoin (Maybe we don't need love after all. Maybe help it what we really need)

The Owner's Bio

My photo
Seminyak, Bali, Indonesia
Life is merely a journey to the grave, but to make the journey become a beautiful parade or a dark mourning ceremony is all in your hand.

About The Blog

nothing special. just a compilation of my feelings. feel free to read or use if it is not my own work (like song lyrics). stealing my own work will not give you any lawsuit, but please respect the owner by not taking any part of the content that is made by me without my acknowledgment and without putting my name on it. :]

September 15, 2008

the mass chain effect of the universe

pernah dengar atom?

atom sempat disebut-sebut sebagai satuan terkecil dalam struktur sebuah benda oleh Dalton, yang lalu dimentahkan dengan bukti bahwa dalam atom masih ada proton dan netron, yang ternyata bukanlah satuan terkecil karena didalam ada lagi bagian-bagian kecil, dan konon bagian tersebut masih bisa dibagi lagi.

pernah tahu tata surya?

kumpulan planet-planet, satelit, dan astroid yang mengitari matahari ini ternyata bukanlah akhir, karena tata surya masih merupakan bagian dari galaksi, yang ternyata juga bagian dari kumpulan galaksi yang ternyta bagian dari semesta, dan mungkin saja masih banyak semesta-semesta lain yang tidak kita ketahui, mengingat bahwa teori big bang yang berkata ruang angkasa masih memuai dengan kecepatan luar biasa sampai sekarang.

oke, tahu ga alasan kenapa aku membicarakan hal ini?

coba dipikir sejenak hubungan semua ini dengan diri kita.
(... - proton netron - atom - protein - DNA - sel - jaringan - organ - sistem organ - individu - populasi - komunitas - ekosistem - biosfer - pulau - benua - bumi - tata surya - galaksi - kumpulan galaksi - semesta - ...)

rantai yang remarkable kan?
dan seperti layaknya rantai, satu mata rantainya akan mempengaruhi ikatan yang lain..

so bayangkan kalau SEANDAINYA SAJA (contoh neh...)

Ayahmu tidak menjatuhkan sebuah pulpen yang seharusnya dijatuhkan di suatu siang di luar kelasnya puluhan tahun yang lalu..Mungkin seorang wanita tidak akan menemukan pulpen itu, mengembalikannya, lalu dekat dengan ayahmu, pacaran, menikah, punya anak, dan akhirnya kamu tidak akan ada (atau lebih ekstrem lagi, kamu akan tetap ada tapi dengan ayah yang berbeda, ibu yang berbeda, di tempat berbeda, mungkin dengan bahasa dan kebiasaan berbeda dan kamu tidak akan pernah kenal dengan pacarmu sekarang, tidak akan bekerja atau sekolah ditempatmu sekarang, semuanya sangat berbeda..)

can you imagine that? betapa tiny microscopic thing bisa lead to massive changes..

1 comment:

  1. owh berarti dulu bapak kmu pacaran ma ibu kmu bermula dari nemu pulpen yg jatuh? trus lahirlah kmu.

    ReplyDelete