Peut-ĂȘtre nous n'avons pas besoin d'amour. Peut-ĂȘtre c'est une aide que nous avons vraiment besoin (Maybe we don't need love after all. Maybe help it what we really need)

The Owner's Bio

My photo
Seminyak, Bali, Indonesia
Life is merely a journey to the grave, but to make the journey become a beautiful parade or a dark mourning ceremony is all in your hand.

About The Blog

nothing special. just a compilation of my feelings. feel free to read or use if it is not my own work (like song lyrics). stealing my own work will not give you any lawsuit, but please respect the owner by not taking any part of the content that is made by me without my acknowledgment and without putting my name on it. :]

October 02, 2008

Definisi Cinta

Apa itu cinta?

Bahkan seorang sarjana S3 segala cabang ilmu tidak akan sanggup memberikan pengertian yang benar-benar tepat akan arti cinta yang sesungguhnya. Psikolog akan mengatakan cinta sebagai suatu jenis emosi, ahli hormon akan mengatakan cinta sebagai sebuah reaksi kimia atau hormon yang dilepaskan ke tubuh, William Shakespeare dalam puisinya, Sonnet 116, mendefinisikan cinta sebagai sesuatu yang tak lekang akan waktu dan tak tergantikan.

Sebenarnya apa itu cinta?

Jika kita mengatakan cinta itu sebagai rasa saling menyukai antara seorang laki-laki dan perempuan untuk menjalin rumah tangga (definisi umum yang biasa didapat dari masyarakat), maka apakah hubungan sesama jenis tidak bisa disebut cinta? Apakah perasaan seorang anak gadis pada ayahnya bukan cinta? Apakah seorang lelaki yang mendambakan gadis yang tidak mungkin ia miliki juga bukan cinta? Lalu apa sebenarnya cinta itu?

Mungkin memang kita tak akan pernah menemukan sebuah makna yang benar-benar tepat untuk mendefinisikan cinta. Cinta terlalu kompleks, terlalu rumit.

Atau mungkin sebenarnya cinta itu tidak serumit yang kita pikirkan. Mungkin cinta itu malah sangat sederhana. Begitu sederhananya sampai dia sanggup membuat kita merasakan sedih dan senang sekaligus, menangis dan tertawa bersamaan. Dan saking sederhananya cinta, tiap manusia pasti memiliki cinta di hati mereka, tak terkecuali bayi belum bisa melafaskan kata cinta. Dengan kesederhanaannya pula cinta akan selalu ada, meski kisah yang pernah dimaknainya telah menjadi kenangan. Cinta akan tetap ada, dengan cerita yang lain, tokoh-tokoh yang lain, tempat yang lain, alur yang lain, dan akhir yang lain pula. Namun satu hal yang masih tetap sama akan cinta: Dia Akan Selalu Ada.

Jadi, apa itu cinta?

Entahlah..

Kadang aku berpikir, mungkin arti tidaklah begitu penting, karena cinta itu lebih indah untuk dirasakan daripada diartikan.

1 comment: